Saturday, May 22, 2010

Kolam Candi Umbul

AYO DOLAN! - MENGENAL OBYEK WISATA DI MAGELANG

Kolam Candi Umbul

Kolam pemandian itu hingga saat ini masih menampakkan nuansa peninggalan sejarahnya dari Dinasti Syailendra, Kerajaan Mataram Kuno.
...Dinding kolam berasal dari batuan andesit, di dalam air kolam terdapat sejumlah umpak yang menandakan pada zaman dahulu sebagai tiang penyangga atap. Mungkin bisa dibayangkan bahwa kolam itu pada masa lalu memilik atap sebagai penutup.

Gelembung-gelembung udara yang menyembul dari berbagai tempat di dasar kolam menunjukkan bahwa tempat itu sebagai sumber mata air. Airnya hangat dan dipercaya menyembuhkan sejumlah penyakit seperti kulit, reumatik, dan stroke.

Sejumlah batuan situs berjejer di tepian kolam menggambarkan relief tumbuhan dan binatang, batu berbentuk mirip gong, dan bagian dari puncak candi.
Kolam Candi Umbul terletak di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag itu konon sebagai tempat mandi para putri raja setelah mereka menjalani prosesi ritual di Candi Borobudur.

Ada dua kolam yang khas memiliki nilai sejarah yang masing-masing berukuran 50 meter persegi dan 15 meter persegi.

Kabarnya kolam itu berada di bagian belakang kompleks percandian yang terletak di tepian aliran Kali Elo.
Letusan Gunung Merapi Tahun 1906 telah mengakibatkan candi itu rusak dan terpendam oleh material vulkanik yang mengalir melalui kali itu. Pondasi candi tak jauh dari kolam itu hingga kini masih terpendam di dalam tanah.

Hingga saat ini, mereka yang berkunjung ke tempat itu bukan hanya wisatawan nusantara tetapi juga wisatawan mancanegara dengan tiket untuk orang dewasa Rp3.000 per orang dan anak-anak Rp2.000.

artikel: http://promojateng-pemprovjateng.com/detail.php?id=857


No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER

Semua karya / tulisan di blog ini adalah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan penerbit yg bersangkutan. Blog ini disediakan hanya untuk keperluan edukasi.
Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.