Monday, July 12, 2010

MBAH MANGLI - MURSYID TQN YG LEGENDARIS

MBAH MANGLI - MURSYID TQN YG LEGENDARIS

Bagi orang Jawa Tengah, khususnya daerah Magelang dan sekitarnya, nama Kyai H. Asykari atau mbah Mangli hampir pasti langsung mengingatkan pada sosok kyai sederhana, penuh karomah. Menurut almarhum Wali Allah Gus Miek, walau Mbah Mangli memiliki banyak usaha dan termasuk orang yang kaya-raya, namun Mbah Mangli adalah wali Allah yg hatinya selalu menangis kepada Allah, menangis melihat umat dan menangis karena rindu kepada Allah...

Kyai Hasan Asykari / Mbah Mangli adalah mursyid Tarekat Qadiriyyah wa Naqsyabandiyyah (TQN). Mbah Mangli adalah salah satu tokoh yg mendirikan Asrama Pendidikan Islam di Magelang, yang santrinya berasal dari seluruh Indonesia.

Meski terkenal di mana-mana, beliau selalu hidup sederhana. Beliau sering diundang ke sana ke mari untuk mengisi pengajian. Pada saat mengisi pengajian, di mana pun ia dan dalam kondisi apa pun, Mbah Mungli tidak pernah memakai alat pengeras suara, meskipun jamaahnya sangat banyak, hingga berbaris dengan jarak jauh. Namun, masyarakat tetap sangat menyukai isi pidatonya dan mendengar suara beliau. .Kadang panitia sengaja menyelipkan amplop uang kepada Mbah Mangli, namun beliau dengan halus menolaknya, dan biasanya beliau mengatakan:

"Jika separoh dari jamaah yg hadir tadi mau dan berkenan menjalankan apa yg saya sampaikan tadi, itu jauh lebih bernilai dari apapun, jadi mohon jgn dinilai dakwah saya ini dengan uang, kalau tuan mau antar saya pulang saya terima, kalau kesulitan ya gak papa saya bisa pulang sendiri"

Mbah Mangli dikaruniai karomah "melipat bumi" yakni bisa datang dan pergi ke berbagai tempat yang jauh dalam sekejap mata. Di sisi lain, beliau dikenal sebagai seorang yang memiliki kemampuan psikokinesis tinggi. Misal, dia dapat mengetahui tamu yang akan datang beserta maksud dan tujuannya. Seperti orang yang bermaksud untuk makan jeruk bersilaturrahim pada rumah Mangli. Dia menyambut dengan memberikan jeruk.

salah satu wejangannya adalah:

"apik ning menungsa, durung mesthi apik ning Gusti"

ila ruhi al-mukarram Syekh Mbah Mangli radhiyallahu anhu.. al-Fatihah..

Mbah Nyut al-Jawi
Ikhwan TQN Suryalaya
*matur nuwun fotone mas Imam Badrus

-------------------------

CATATAN:
nyuwun sewu kagem sedaya SESEPUH MAGELANG, kawulo namung COPAS 100% tanpa menambahkan ataupun mengurangi isi artikel ini. nyuwun pangapunten apabila artikel ini dianggap tidak sopan dan menyimpang. maturnuwun

Catatan Triwibs Kanyut: MBAH MANGLI - MURSYID TQN YG LEGENDARIS
http://www.facebook.com/note.php?note_id=121164733339

Imam Badrus Samsi (Kang Pacul)
http://www.facebook.com/imam.b.samsi

3 comments:

  1. wah ini kan salah satu rekam jejak Mbah Mangli yang harus digetoh tularkan kepada generasi muda mas.....suwun

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum Wr. Wb.,
    Perkenalkan saya, orang yang pingin kenal dekat dengan Magelang. Dulu th 1988, pernah 2 bln saya KKN di Desa Girirejo Kec. Kaliangkrik sempat merasakan nikmatnya, indahnya alam dan para warga Girirejo yang sangat santun kpd para mahasiswa UGM. Terima kasih. Wassalamu'alaikum Wr. WB
    (Smiled, www.pasarnet.co.cc, www.medbase.co.cc, www.terapimusik.co.cc)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, apakah Bapak sempat menghadiri majlis taklimnya Mbah Mangli di Mangli setiap minggu pagi ? Kalaulah bapak sempat mampir sungguh beruntung KKN sambil menimba ilmu agama, karena pada masa itu Mbah masih Hidup.

      Wassalam, maman

      Delete

DISCLAIMER

Semua karya / tulisan di blog ini adalah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan penerbit yg bersangkutan. Blog ini disediakan hanya untuk keperluan edukasi.
Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.