Saturday, June 26, 2010

Sendratari Mahakarya Borobudur - Mahakarya untuk Umat Manusia

Borobudur, CyberNews. PT Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) kembali menggelar pementasan Sendratari Mahakarya Borobudur di panggung Aksobya, kaki timur Candi Borobudur malam ini. Pagelaran kali kedua di tahun 2010 ini dihadiri ratusan wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Kebanyakan turis asing berasal dari Eropa dan Kanada. Sementara wisatawan lokal didominasi pelajar dan pengusaha nasional dari Jakarta. Keluarga  besar pengusaha Arifin Panigoro bahkan memboyong 20 orang sekaligus.

Sendratari kolosal ini dimainkan oleh 150 penari dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dan seniman lokal Magelang. Mereka memvisualisasikan kisah Raja Smaratungga dari Dinasti Syailendra dan Gunadharma membangun Candi Borobudur.

Menurut Direktur Pemasaran PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWCBPRB), Agus Cany, sendratari ini dimaksudkan untuk membangun jiwa atau ruh bagi Candi Borobudur. Sebagai sebuah kuil terbesar di dunia Borobudur menjadi pusat daya tarik wisatawan seluruh dunia. Namun, selama ini Borobudur masih dipandang sebatas monumen semata.


http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2010/06/26/58062/Mahakarya-untuk-Umat-Manusia


No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER

Semua karya / tulisan di blog ini adalah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan penerbit yg bersangkutan. Blog ini disediakan hanya untuk keperluan edukasi.
Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.