Wednesday, April 14, 2010

Pasar Rejowinangun Kota Magelang Ludes Terbakar

MAGELANG - Pasar Rejowinangun, Kota Magelang, Jawa Tengah ludes terbakar, sekitar pukul 17.30 WIB petang. Kerugian, diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Sejumlah saksi mengatakan, sumber api berasal dari kios pakaian bekas yang berada di tengah pasar. Api pun terus merembet menghabiskan seluruh barang dan bangunan yang ada di pasar.

Tak pelak, kebakaran tersebut membuat sejumlah pedagang panik. Meski kobaran api terus membesar, mereka nekat masuk dan keluar pasar untuk menyelematkan barang dagangannya. Tak sedikit para pedagang saling bertabrakan, lantaran suasana pasar gelap gulita.

Namun mereka berhasil menyelamatkan sejumlah barang dagangannya dalam jumlah cukup besar. Sebab, saat awal kebakaran, kebanyakan pedagang masih berada di dalam pasar.

Sejumlah personel Polresta Magelang dibantu Polres Magelang dan satuan TNI juga turut mengevakuasi barang milik pedagang. Namun, akibat api terus menjalar, barang dagangan tersebut hanya ditempatkan pada lokasi yang aman.

Dua mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemkot Magelang baru datang satu jam kemudian. Untuk masuk ke sumber api, mobil pemadam pun mengalami kesulitan, lantaran harus melewati ratusan pedagang yang lalu-lalang menyelematkan barang mereka. Tak ayal, si jago merah makin sulit dikendalikan.

Beberapa saat kemudian, datang mobil bantuan pemadam kebakaran dari Kabupaten Temanggung dan Magelang. Namun, sulitnya mobil menjangkau sumber api, membuat api terus melalap hingga bangunan paling depan pasar. Hingga berita ini diturunkan, api belum sepenuhnya padam.

Salah seorang pedagang peralatan masak Sugiantoro mengatakan sumber api berasal dari kios pakaian bekas. Beruntung, saat kejadian berlangsung dirinya masih berada di kiosnya. Sedianya, waktu itu dirinya hendak mengunci kiosnya yang berada di sebelah utara pasar.

"Namun, kemudian ada orang teriak-teriak kebakaran. Lalu saya angkat sejumlah barang saya keluar pasar," katanya.(Muhammad Slamet/Sindo/hri)

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER

Semua karya / tulisan di blog ini adalah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan penerbit yg bersangkutan. Blog ini disediakan hanya untuk keperluan edukasi.
Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.